Pantai Minajaya, Pantai Eksotik Milik Pemkab Sukabumi

Sukabumi – Selain Pantai Palabuanratu dan Ujung Genteng yang sudah menjadi obyek wisata terkenal, masih ada pantai nan indah dan ciamik yang dimiliki Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, salah satunya pantai Minajaya yang terkenal indah menawan.

Lokasi Pantai Minajaya berada di Kecamatan Surade, Kabupeten Sukabumi, Jawa Barat, akses menuju pantai tersebut sangatlah mudah, Jika ditempuh dari pusat Kota Sukabumi, lokasi pantai berjarak kurang lebih 125 KM.

Ada dua Akses pilihan yang bisa ditempuh dari arah Kota Sukabumi, pertama dengan treck Palabuanratu, Bagbagan, Loji, Puncakdarma, Palangpang, Ciracap, Surade, dan kedua lewat pasar Pangleseran, Jampang tengah Kiaradua, Jampang Surade, selain itu ada beberapa akses lainnya.

Dari Kecamatan Surade lokasi pantai Minajaya berjarak kurang lebih 6 Km, kondisi jalan menuju pantai tersebut lumayan bagus sehingga pengunjung bisa memarkir kendaraan tepat di bibir pantai, harga tiketnya pun cukup murah dan aman di kantong karena lokasi wisata tersebut saat ini dikelola langsung oleh pemerintah setempat.

“Alhamdulillah Pak Bupati H.Marwan Hamami Begitu serius mendorong sektor pariwisata, kemarin rombongan pak Bupati tiba di pantai Minajaya, kami semua membahas pengembangan sektor pariwisata itu” jelas Nuryaman, Sekertaris Desa Buniwangi saat ditemui reporter engingengnews.com

Jika sedang Surut, pengunjung bisa berjalan ke tengah laut diantara karang dan rumput laut, kadang tak jarang pengunjung mengambil agar laut karena di lokasi tersebut banyak tumbuh di sela sela karang.

“Kedepan pemerintah desa bersama masyarakat dan pemuda akan melakukan pembenahan di beberapa titik, salah satunya adalah jalan di sekitar pantai sehingga pengunjung bisa nyaman” tambahnya.

Menurut sejarahnya Pantai indah dan mengesankan ini awalnya bernama pantai Kutamara Sejak tahun 1964 berubah menjadi Pantai Minajaya.

Perubahan Nama itu bermula saat masyarakat pantai Kutamara dikejutkan dengan kedatangan sebuah kapal besar menuju ke pesisir Tanggal 12 April 1964, Mereka menyangka bahwa kapal itu kapal perang Malaysia yang sengaja menyerang dari arah selatan. Berita itu langsung tersebar ke seluruh wilayah Surade, Ciracap dan Jampangkulon.

Namun akhirnya diketahui bahwa kapal yang datang tersebut adalah kapal ikan yang kehabisan bahan bakar di tengah laut sehingga terombang-ambing dan terdampar ke pesisir pantai Kutamara. kurang lebih 300 meter dari pesisir pantai. Pada badan kapal tertulis Minajaya 2.

  1. Nama Minajaya ini menjadi populer (Viral pada jamannya) Sehingga tanpa disadari penyebutan nama Minajaya bagi pantai Kutamara menjadi sering terucap dari mulut ke mulut, sejak itulah pantai eksotis di Kecamatan Surade Sukabumi tersebut dikenal dengan sebutan “Pantai Minajaya”. (Kominfo SMI)