Antisipasi Kemacetan Tol Bocimi Mulai Difungsikan

Bogor – Meskipun belum sepenuhnya jadi,  Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong sudah mulai bisa digunakan, Jumat (8/6).

Menurut Menteri PUPR Hadi Muljono, jalan sepanjang 15,3 Km dibuka secara fungsional tanpa tarif mulai hari ini, Jumat (8/6), hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1439 pada 24 Juni 2018.

“Selama fungsional, ruas ini hanya dibuka untuk kendaraan pribadi dengan kecepatan maksimal 40 km per jam. Selain itu, ruas fungsional ini hanya dibuka searah, yakni dari Jakarta menuju Sukabumi pada tanggal 8-14 Juni, dan arah sebaliknya pada 15-24 Juni,” Kata Hadi, Jumat (8/6).

Terdapat tiga pintu tol, yakni pintu Tol Ciawi, kilometer 6+300 Cimande/Caringin, dan kilometer 15+300 Cijeruk/Cigombong. Sebagai antisipasi kemacetan, Pintu Tol Caringin akan dibuka jika kepadatan panjang terjadi di pintu tol Cigombong. Rest area sementara tersedia di kilometer 10+700 yang dilengkapi parkir kendaraan, toilet, dan mushola.

Sementara Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky Pastika, mengatakan hingga tanggal 19 Juni fungsi tol bocimi baru hanya untuk kendaraan mudik dari Jakarta dan Bogor menuju Cigombong dan Sukabumi. Setelah itu pada Sabtunya tanggal 20 Junui hingga 24 Juni, jalur difungsikan untuk kendaraan pulang mudik dari Sukabumi-Cigombong menuju Bogor dan Jakarta.

Untuk kondisi pertemuan kendaraan yang keluar tol dan kendaraan di jalur Sukabumi-Bogor, AKBP Dicky menuturkan, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan siapkan anggota untuk berjaga secara shief. (boy)