Aksi Jokowi Dalam Opening Ceremonial Asian Games, Penuh Makna

Jakarta – Luar biasa sekali prolog pembukaan Asian Games sebagai pengantar kemunculan pak Jokowi di Senayan.

Sangat sarat  dengan pesan-pesan yang menggambarkan kepribadian pak Jokowi yang benar-benar luar biasa sekali. Semoga dunia dan lawan2 politik pak Jokowi menangkap secara terang benderang pesan tersembunyi yang di sampaikan secara cerdas.

Diawali dengan keluarnya rombongan Presiden di Istana Bogor dengan pengawalan berlapis-lapis dan melintasi jalan toll tanpa hambatan.  MAKNA: Beliau adalah orang yang berpengaruh atau berkuasa. 

Lalu ketika rombongan Presiden memasuki kota Jakarta rombongan tersendat karena ada demonstrasi yang menutupi  jalan. Namun Pak Jokowi mengatakan kepada pengawalnya ‘biarkan tidak apa-apa’  MAKNA: pak Jokowi menghargai hak dan kebebasan untuk menyampaikan pendapat / perbedaan.

Lantas pak Jokowi keluar dari mobil ke Presidenan tanpa mengkhawatirkan keamanan dirinya. MAKNA: Pak Jokowi tidak takut menghadapi demonstrator atau lawan2 politiknya. Beliau  tahu apa yang harus di lakukan.

Selanjutnya pak Jokowi mengendarai motor sendiri dengan memakai helm. MAKNA  Jokowi tahu aturan dan mematuhi aturan.

Sesaat sebelum mengendarai motornya pak Jokowi menggerungkan motor dan rodanya  nampak berputar cepat di tempat.   MAKNA: pak Jokowi juga bisa garang! 

Kemudian pak Jokowi melaju kencang melompati rintangan yg di pasang para demonstrator dengan mudah sekali  tanpa hambatan karena mendarat dengan baik. MAKNA: Pak Jokowi bisa mengatasi permasalahan secara cerdas, tidak terduga dan tanpa rasa takut. Beliau berani mengambil tindakan akrobatik untuk keluar dari persoalan.

Selanjutnya Jokowi mengendarai motornya seorang diri tanpa pengawalan sama sekali. Beliau melintasi gang gang di pemukiman sederhana. MAKNA: Jokowi tahu betul jalan untuk mencapai tujuannya dan Jokowi tidak bisa dihentikan oleh demonstrasi atau hambatan.  Juga menegaskan bahwa pak Jokowi juga suka blusukan dan tahu jalanw tikus untuk keluar dari persoalan.

Selanjutnya Pak Jokowi kembali ke jalan raya dan pengawalnya merapat untuk mengawal di belakang, bukan di depan.  MAKNA: Beliau yang memimpin dalam upaya keluar dari kesulitan.  Saat menghadapi masalah pak Jokowi berani berdiri di baris terdepan,  bukannya  berlindung di balik pengawalnya.

Lalu ada scene dimana Pak Jokowi menghentikan motor yg di kendarainya untuk memberi kesempatan sekelompok anak anak kecil menyeberang jalan. MAKNA: Beliau memperhatikan, melindungi dan mengutamakan anak-anak yang adalah generasi penerus. Juga bahwa pak Jokowi mau merendahkan diri tidak selalu minta di dahulukan.

Saya sungguh kagum dengan kecerdasan pak Jokowi dan atau tim nya dalam menyampaikan pesan kepada dunia tentang karakter pak Jokowi.

Ketika Via Valen menyanyikan lagu theme song nya pak Jokowi juga nampak ikut ‘terbawa semangat’ dengan menggoyang-hoyangkan kedua tangannya. MAKNA: Pak Jokowi tidak  jaga image  tapi berani tampil apa adanya.

Jakarta, 18 Agustus, 2018
DS Komala,
A very proud Indonesian.