52 Penghargaan Diraih Kota Bogor Sepanjang Tahun 2017

Kota Bogor – Sepanjang tahun 2017 Kota Bogor telah menerima berbagai penghargaan atas prestasi kerja yang dihasilkan Pemerintah Kota Bogor dan atas prestasi yang berhasil diciptakan warga masyarakat. Penghargaan tersebut diperoleh dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dunia internasional dan berbagai pihak yang telah memberikan penilaian atas kinerja Pemerintah Kota Bogor dan prestasi warga masyarakat di bidang-bidang tertentu. Berikut adalah jenis penghargaan yang telah diterima.

01. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Untuk pertama kalinya Pemerintah Kota Bogor meraih penilaian WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) atas laporan pengelolaan keuangan dan aset daerah sepanjang tahun 2016.

02. Wahana Tata Nugraha Tahun 2016 Tingkat Nasional.

Untuk kesekian kalinya Kementerian Perhubungan RI menganugrahkan penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2016 kepada Pemerintah Kota Bogor atas prestasinya dalam mengelola sistem angkutan perkotaan.

03. Pastika Paranam
Komitmen kuat Pemerintah Kota Bogor dalam menegakan dan menerapkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) mendapatkan apresiasi dari Kementrian Kesehatan RI. Untuk itu Kemenkes kembali menganugrahkan penghargaan Pastika Paranam kepada Pemerintah Kota Bogor.

04. Manggala Karya Kencana
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menganugrahkan Penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Walikota Bogor, Bima Arya sebagai kepala daerah yang berkomitmen terhadap penyelenggaraan program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) serta pembangunan keluarga di daerahnya.

05. Kota Layak Anak Tingkat Pratama
Kota Bogor meraih penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi terhadap upaya Pemerintah Kota Bogor dalam upaya menjadikan Kota Bogor sebagai Kota Layak Anak.

06. Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda
Penghargaan Swasti Saba Wiwerda diperoleh Pemerintah Kota Bogor dari Kementrian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri. Penghargaan ini diberikan untuk Kota Bogor sebagai Kota Sehat.

07 Kota Cerdas (Smart City)
Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Bogor mendapatkan piagam penghargaan dari Telkom Indonesia terkait implementasi Smart City. Penghargaan diberikan atas upaya Pemerintah Kota Bogor sebagai salah satu dari 52 kota di Indonesia yang mengembangkan diri sebagai Kota Cerdas (Smart City)

08. Rating Kota Cerdas
Untuk pertama kalinya Kota Bogor meraih Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 (RKCI). Penghargaan diberikan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian kepada Kota Bogor sebagai salah satu kota besar terbaik untuk Kategori Rating Kesiapan Infrastruktur.

09. Sertifikat Adipura
Kota Bogor meraih Sertifikat Adipura untuk kedua kalinya dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Sertifikat ini diraih Kota Bogor yang masuk di dalam kategori kota besar.

10. Penghargaan Nata Mukti
Kota Bogor Raih Penghargaan Natamukti untuk kedua kalinya dari International Council for Small Business (ICSB). Penghargaan diperoleh karena Kota Bogor dinilai berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di daerahnya.

11. Penghargaan Indonesia Road Safety Award
Dalam ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2017 Kota Bogor menjadi finalis sebagai salah satu kota terbaik kategori kota dengan kepadatan penduduk tinggi. Di ajang ini Kota Bogor memenangkan penghargaan tiga pilar road safety. Masing-masing untuk pilar kendaraan yang berkeselamatan (Safer Vehicle), pilar perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan (Safer User) serta penghargaan kota terbaik, khusus untuk upaya meningkatkan kualitas sarana pejalan kaki yang berkeselamatan.

12. Hospital Award
RSUD Kota Bogor berhasil meraih Penghargaan Hospital Award Excellence in Patient Care 2017.

13. Teknologi Informasi
Gelar sebagai Juara I diraih Kota Bogor pada kompetisi bidang teknologi informasi Big Idea : Plan, Challenge, Imagine Cup yang diselenggarakan Microsoft Corporation.

14. Best Website
Kota Bogor meraih Best Website Award In Government dari  Bubu Awards v.10 untuk penampilan website Pemerintah Kota Bogor.

15. Kelurahan Terbaik Nasional
Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, dinyatakan sebagai Kelurahan Terbaik Ketiga Tingkat Nasional pada Lomba Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tahun 2017 yang diselenggarakan Kementrian Dalam Negeri.

16. Entrepreneur Award
Walikota Bogor, Bima Arya menerima penghargaan Walikota Entrepreneur Award 2017 dari Kellogg Inovation Network (KIN) ASEAN dengan kategori investasi. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi kepada pemerintah Kota Bogor yang telah berhasil membuat terobosan-terobosan kreatif, inovatif dan entrepreneurship dalam membangun kotanya.

17. Kelurahan Terbaik se-Jawa Barat
Kelurahan Katulampa meraih predikat sebagai Kelurahan Juara Terbaik se Jawa Barat Tahun 2017 dalam ajang Lomba Evaluasi Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi yang diselanggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

18. PKK Terbaik
Kelurahan Babakan Pasar meraih penghargaan terbaik Se-Jawa Barat untuk 4 kategori dalam penyelenggaraan kegiatan PKK. Penghargaan diraih dalam ajang Lomba PKK tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017.

19. Sertifikat Proklim
Trophy dan Sertifikat Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan diraih oleh warga masyarakat RW 13 Kelurahan Kencana dan RW 10 Kelurahan Cilendek Timur.

20. Anugrah Kawistara
Walikota Bogor, Bima Arya menerima penghargaan Anugerah Kawistara 2017 sebagai kepala daerah yang peduli dan berperan aktif dalam pemartabatan Bahasa Indonesia di ruang publik. Penghargaan diserahkan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat yang bekerja sama dengan unsur perguruan tinggi dan media massa.

21. Wahana Tata Nugraha Tingkat Provinsi
Pemerintah Kota Bogor memperoleh penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 kategori Piala WTN Kota Raya.

22. Pelopor Pendidikan
Juara I Tingkat Provinsi Jawa Barat untuk Pelopor Bidang Pendidikan

23. Pagelaran Kebudayaan
Pada ajang pameran ekonomi kreatif yang diselenggarakan di Yogyakarta, Pemerintah Kota Bogor meraih penghargaan terbaik kedua. Penghargaan juga diraih pada ajang Lomba Kreasi Upacara Adat Mapag Panganten se-Jawa Barat tahun 2017 di Bandung.

24. Juara Lomba Degung
Pada ajang Lomba Seni Degung se-Jawa Barat Tahun 2017, Kota Bogor berhasil meraih gelar sebagai juara pertama.

25. Juara Anggar
Persatuan Anggar Seluruh Indonesia Cabang Kota Bogor berhasil meraih medali emas dan perunggu pada Kejuaraan Sirkuit Anggar ke-2 Tingkat Provinsi Jawa Barat.

26. Sekolah Adiwiyata
Predikat Sekolah Adiwiyata Nasional pada tahun 2017 diraih oleh  3 sekolah di Kota Bogor, masing-masing SD Negeri Menteng, SMP Negeri 5 dan SMA Negeri 7.

27. Rekor MURI
Kota Bogor tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) setelah Dinas Pendidikan Kota Bogor berhasil menyelenggarakan kegiatan Membacakan UUD 1945, Pancasila dan Sumpah Pemuda tanpa teks secara bersamaan oleh ribuan pelajar Kota Bogor dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2017

28. Rekor MURI
Rekor MURI juga diraih untuk penyajian kuliner produk olahan ikan yang diselenggarakan sebagai kampanye Gerakan Makan Ikan (Gemarikan).

29. Rekor MURI
Rekor  MURI lain diperoleh dalam kegiatan Penyajian Doclang sebagai salah satu rpoduk kuliner tradisional.

30. Sebanyak 23 Penghargaan di Bidang Pendidikan
Di bidang pendidikan para pelajar Kota Bogor tercatat berhasil meraih 23 penghargaan pada ajang berbagai lomba tingkat internasional. Prestasi tersebut diraih diantaranya dari ajang lomba pelajaran matematika, kimia dan fisika serta kejuaraan olahraga cabang judo dan catur. (Advertorial)